Search

Ucapan, Doa, dan Selawat pada Peringatan Maulid Nabi

Ucapan, Doa, dan Selawat pada Peringatan Maulid Nabi

Jakarta, CNN Indonesia -- Maulid Nabi diperingati setiap 12 Rabiul Awal atau bertepatan dengan Sabtu, 9 November 2019. Peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad Saw dapat diisi dengan memperbanyak ucapan seperti doa dan selawat.

Maulid Nabi juga bisa diperingati dengan meneladani kisah dan sifat Rasulullah melalui ceramah yang disampaikan ulama dan ustaz.

Umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak selawat sesuai dengan Surat Al Ahzab ayat 56. Selawat berarti ucapan atau doa kepada Allah untuk Nabi Muhammad beserta keluarga dan sahabatnya.

"Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya berselawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, berselawat lah kamu untuk Nabi dan ucapkan lah salam penghormatan kepadaNya," terjemahan Surat Al Ahzab ayat 56.

Ustaz KH Wahyul Al-Ghafiqi menyebut terdapat sejumlah doa selawat yang dapat diamalkan. Ada selawat yang diajarkan oleh Rasulullah dan selawat yang disusun para sahabat dan ulama.

Selawat yang diajarkan oleh Rasulullah adalah Selawat Ummi dan Selawat Ibrahimyah.

Berikut bunyi Selawat Ummi:

اَللَّــهُمَّ صَلِّ عَـلـٰى سَـيِّـدِنَـا مُحَمَّدٍ عَبْدِكَ وَنَـبِـيِّكَ وَرَسُوْلِكَ نَبِى الْأُمِّـى وَعَــلـٰى أَلِـهِ وَصَحْبِهِ وَسِلِّـمْ.

Allahumma sholli'alaa sayyidinaa muhammadin abdika wanabiyyika wa Rosuulika Nabil Ummy wa a'laa alihi wa shohbihi wasillam.

"Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad Saw, sebagai hamba, Nabi, dan utusan-Mu yang Ummy (tidak bisa membaca dan menulis) beserta keluarga dan sahabatnya dengan salam yang sesungguhnya."

Berikut bunyi Selawat Ibrahimyah yang juga dibaca saat tahiyat akhir dalam salat:

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كما صَلَّيْتَ عَلَى إبْرَاهِيمَ وعلى آلِ إبْراهِيمَ، وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كما بَاركْتَ عَلَى إبْرَاهِيمَ وَعَلَى آل إبراهيم في العالَمِينَ إنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

Allahumma shalli 'alaa Muhammad wa'alaa aali Muhammadin, kamaa shallaita'alaa Ibrahiim wa'alaa aali Ibrahiima, wabaarik'alaa Muhammadin wa'alaa aali Muhammadin, kama baarakta'alaa Ibraahim wa'alaa aali Ibrahiima, fil 'aalamiina innaka hamiidun majiid

"Ya Allah, limpahkan lah rahmat kepada Nabi Muhammad dan kepada keluarga Nabi Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan rahmat kepada Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim. Limpahkan pula keberkahan bagi Nabi Muhammad dan bagi keluarga Nabi Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan keberkahan bagi Nabi Ibrahim dan bagi keluarga Nabi Ibrahim. Sesungguhnya di alam semesta Engkau Maha Terpuji dan Maha Agung."

Selain selawat Ummi dan Ibrahimyah, ada pula selawat lain yang bisa diucapkan seperti Nariyah, Selawat Ulul Azmi, dan Selawat Fatih.

Di peringatan Maulid Nabi atau hari kelahiran Nabi Muhammad dianjurkan untuk memperbanyak ucapan doa dan selawat kepada Rasulullah.

[Gambas:Video CNN]

(ptj/asr)

Halaman Selanjutnya >>>>




Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ucapan, Doa, dan Selawat pada Peringatan Maulid Nabi"

Post a Comment

Powered by Blogger.